Latihan Soal Struktur Data
(Pertemuan 1)
1.Type data dibawah ini, yang tidak termasuk dalam tipe data sederhana tunggal, adalah :
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. float
2.==, <=, >=, !=, termasuk dalam operator …
a. Aritmatika
b. Unary
c. Binary
d. Relasi
e. Bitwise
3.Type data yang menghasilkan bentuk keluaran nilai True dan False (Benar dan Salah) , adalah :
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. float
4.void main()
{
….(a)…. x,y,z;
clrscr();
cout <<“\n input nilai X=“; cin >> x;
cout <<“\n input nilai Y=“; cin >> y;
z = x + y;
cout <<“\n hasil penjumlahan =“ << z;
getch();
}
Tipe data yang tepat untuk (a) adalah ….
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. Array
5. void main()
{
int r = 10; int s;
clrscr();
s = 10 + ++r;
cout <<“r = “<< r << ‘\n’;
cout <<“s = “<< s << ‘\n’;
getch();
}
Hasil eksekusi dari program diatas adalah ….
a. r = 11, s = 21
b. r = 11, s = 20
c. r = 12, s = 21
d. r = 10, s = 21
e. r = 10, s = 20
(Pertemuan 1)
1.Type data dibawah ini, yang tidak termasuk dalam tipe data sederhana tunggal, adalah :
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. float
2.==, <=, >=, !=, termasuk dalam operator …
a. Aritmatika
b. Unary
c. Binary
d. Relasi
e. Bitwise
3.Type data yang menghasilkan bentuk keluaran nilai True dan False (Benar dan Salah) , adalah :
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. float
4.void main()
{
….(a)…. x,y,z;
clrscr();
cout <<“\n input nilai X=“; cin >> x;
cout <<“\n input nilai Y=“; cin >> y;
z = x + y;
cout <<“\n hasil penjumlahan =“ << z;
getch();
}
Tipe data yang tepat untuk (a) adalah ….
a. Boolean
b. String
c. Char
d. Integer
e. Array
5. void main()
{
int r = 10; int s;
clrscr();
s = 10 + ++r;
cout <<“r = “<< r << ‘\n’;
cout <<“s = “<< s << ‘\n’;
getch();
}
Hasil eksekusi dari program diatas adalah ….
a. r = 11, s = 21
b. r = 11, s = 20
c. r = 12, s = 21
d. r = 10, s = 21
e. r = 10, s = 20
6. suatu
koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakteristikan oleh organisasi serta
operasi yang didefinisikan terhadapnya adalah ...
a. Struktur Data
b. Tipe Data
c. Integer
d. Float
7. Data dapat
dikategorikan menjadi ...
a. Type Data Sederhana
Dan Struktur Data
b. Tipe Data
c. Integer
d. Float
8. Struktur data terdiri
dari ....
a. struktur data
sederhana dan majemuk
b. char
c. string
d. integer
9. Contoh Stuktur data
majemuk linier , kecuali ...
a. stack
b. queue
c. liniear linked list
d. pohon (tree)
10. Contoh Strukur
data majemuk non linear , kecuali ...
a. pohon (tree)
b. pohon biner (binary
tree)
c. pohon cari biner
(binary search tree)
d. general tree dan
graph
e. stack
11. Merupakan Bilangan
Bulat dan tidak mengandung pecahan yaitu ..
a. Integer
b. Char
c. String
d. Float
12. Type data yang
merupakan bilangan pecahan. Jenis Data float ditulis dgn menggunakan
titik(koma) desimalyaitu..
a. Integer
b. Char
c. String
d. Float
13. Type
data yang hanya mempunyai dua bentuk keluaran yaitu nilai True dan False adalah
a. Bool atau logical
b. Char
c. String
d. Float
14. Operator yang
digunakan dalam type data Boolean adalah ...
a. And, Or, Not
b. 1 dan 0
c. True and False
d. Integer
15. Type data yang
terdiri dari aksara (simbol) yang meliputi digit numerik, character
alfabetik dan spesialcharacter adalah pengertian ...
a. Character
b. Integer
c. Float
d. Boolean
16. Merupakan
type data majemuk yang terbentuk dari kumpulan character sebanyak 256 (default)
dengan jangkauan niai 0 – 255 yaitu ....
a. Character
b. Integer
c. Float
d. Boolean
e. String
17. Kumpulan
character yang digunakan untuk membentuk String dinamakan .....
a. alfabet
b. Integer
c. Float
d. Boolean
18. Operasi untuk
menyalin nilai string adalah....
a. Strcpy
b. Strcat
c. Strcmp
d. Strlen
e. Strchr
19. Operasi untuk
mengabungkan nilai string adalah ....
a. Strcpy
b. Strcat
c. Strcmp
d. Strlen
e. Strchr
20. Operasi untuk
membandingkan 2 nilai string adalah ....
a. Strcpy
b. Strcat
c. Strcmp
d. Strlen
e. Strchr
21. Operasi untuk
mengetahui panjang nilai string adalah ....
a. Strcpy
b. Strcat
c. Strcmp
d. Strlen
e. Strchr
22. Operasi untuk
mencari nilai karakter dalam string adalah ...
a. Strcpy
b. Strcat
c. Strcmp
d. Strlen
e. Strchr
Latihan Soal Struktur Data
(Pertemuan 2)
1.Setiap elemen dari sebuah Array haruslah mempunyai type data yang sama, termasuk dalam karakteristik array yaitu :
a. Statis
b. Dinamis
c. Terurut
d. Heterogen
e. Homogen
2.Array yang sering digunakan dalam menterjemahkan matriks pada pemrograman, adalah array berdimensi :
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Satu dan Dua
e. Satu dan Tiga
3. Contoh aplikasi array dimensi dua adalah…..
a. Input data suhu
b. Input nama hari
c. Input nilai mahasiswa perkelas dan matakuliah
d. Input nilai ipk mahasiswa
e. Input nama bulan
4.Terdapat Array : A [5][4] maka jumlah elemen Array tersebut adalah ……
a. 25
b. 35
c. 9
d. 15
e. 20
5.Diketahui float A[5] dan lokasi awal terletak di alamat 00F(H), maka lokasi A[3] adalah …..
a. 00FC(H)
d. 01B(H)
b. 017(H)
e. 111(H)
c. 071(H)
(Pertemuan 2)
1.Setiap elemen dari sebuah Array haruslah mempunyai type data yang sama, termasuk dalam karakteristik array yaitu :
a. Statis
b. Dinamis
c. Terurut
d. Heterogen
e. Homogen
2.Array yang sering digunakan dalam menterjemahkan matriks pada pemrograman, adalah array berdimensi :
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Satu dan Dua
e. Satu dan Tiga
3. Contoh aplikasi array dimensi dua adalah…..
a. Input data suhu
b. Input nama hari
c. Input nilai mahasiswa perkelas dan matakuliah
d. Input nilai ipk mahasiswa
e. Input nama bulan
4.Terdapat Array : A [5][4] maka jumlah elemen Array tersebut adalah ……
a. 25
b. 35
c. 9
d. 15
e. 20
5.Diketahui float A[5] dan lokasi awal terletak di alamat 00F(H), maka lokasi A[3] adalah …..
a. 00FC(H)
d. 01B(H)
b. 017(H)
e. 111(H)
c. 071(H)
6. Struktur Data Sederhana yang dapat
didefinisikan sebagai pemesanan alokasi memory sementara pada komputer adalah
pengertian ....
a. Array / Larik
b. Stack
c. Linked List
d. Queue
7. bahwa elemen
tersebut dapat diidentifikasi sebagai elemen pertama, elemen kedua dan
seterusnya sampai elemen ke-n....
a. Terurut
b. Homogen
c. Heterogen
d. Acak
8. Karakteristik Array
adalah , kecuali ..
a. Statis
b. Terurut
c. Homogen
d. Dapat diakses
secara acak
e. Dinamis
9. Mempunyai batasan
dari pemesanan alokasi memory adalah arti ...
a. Bersifat Statis
b. Bersifat Dinamis
c. Bersifat Heterogen
d. Bersifat Homogen
Latihan Soal Struktur Data
(Pertemuan 3)
1.Array yang sangat banyak elemen nol-nya, dikenal sebagai :
a. Upper tringular Array
b. Lower tringular Array
c. Sparse Array
d. One Dimensional Array
e. Multi Dimensional Array
2 Array yang seluruh elemen dibawah diagonal utamanya = 0, dikenal sebagai :
a. Upper tringular Array
b. Lower tringular Array
c. Sparse Array
d. One Dimensional Array
e. Multi Dimensional Array
3. Terdapat Array : A [3][4][5] maka jumlah elemen Array tersebut adalah ……
a. 25
b. 35
c. 12
d. 15
e. 60
4. Diketahui suatu array segitiga memiliki 4 baris dan kolom. Jumlah elemen yang bukan nol pada array segitiga tersebut adalah …..
a. 10 ( N(N+1)/2 = 4(4+1)/2 = 4 X 5/2= 20/2 = 10 )
b. 8
c. 4
d. 16
e. 20
(Pertemuan 3)
1.Array yang sangat banyak elemen nol-nya, dikenal sebagai :
a. Upper tringular Array
b. Lower tringular Array
c. Sparse Array
d. One Dimensional Array
e. Multi Dimensional Array
2 Array yang seluruh elemen dibawah diagonal utamanya = 0, dikenal sebagai :
a. Upper tringular Array
b. Lower tringular Array
c. Sparse Array
d. One Dimensional Array
e. Multi Dimensional Array
3. Terdapat Array : A [3][4][5] maka jumlah elemen Array tersebut adalah ……
a. 25
b. 35
c. 12
d. 15
e. 60
4. Diketahui suatu array segitiga memiliki 4 baris dan kolom. Jumlah elemen yang bukan nol pada array segitiga tersebut adalah …..
a. 10 ( N(N+1)/2 = 4(4+1)/2 = 4 X 5/2= 20/2 = 10 )
b. 8
c. 4
d. 16
e. 20
5. Deklarasi Array X
adalah int A [2][4][5], dengan alamat awal index A[0][0][0]
berada di 0021(H) dan ukuran type data int = 2 Tentukan berapa alamat
array di A[2][2][2] ?
a. 0034(H)
b. 0022(H)
c. 0055(H) A[2][2][2]=0021(H)+{((2-1)*4*5)+((2-1)*5)+(2-1)}*2
array di A[2][2][2] ?
a. 0034(H)
b. 0022(H)
c. 0055(H) A[2][2][2]=0021(H)+{((2-1)*4*5)+((2-1)*5)+(2-1)}*2
=0021(H)+(20+5+1)*2
=0021(H)+(26)*2=0021(H) +52(D) =0021(H)+34(H)= 0055(H)
d. 0052(H)
e. 0034(H)
d. 0052(H)
e. 0034(H)
Latihan Soal I Struktur Data
(Pertemuan 4)
1.Diketahui suatu deklarasi variabel int x,y,*z; variabel yang merupakan penunjuk ke pointer adalah :
a. x
b. y
c. z
d. x dan y
e. x, y dan z
2.Perintah yang tepat untuk mempersiapkan sebuah node baru berserta alokasi memorinya, adalah ….
a. Create
b. Null
c. Input
d. New
e. Insert
3.Jika Tail = Null, maka kondisi Linked List adalah :
a. Penuh
b. Kosong
c. Terisi
d. Tidak dapat ditambah
e. Baru
4. Gambar diatas menunjukkan bentuk penghapusan node pada posisi :
a. Belakang
b. Depan
c. Tengah
d. Tengah dan Depan
e. Depan dan Belakang
5. Perintah yang tepat untuk menyatakan Linked list berada dalam kondisi kosong, adalah ….
a. head=tail
b. head=tail=null
c. bantu=null
d. bantu=head
e. bantu=tail
6. Suatu
perubah yang akan dialokasikan hanya pada saat diperlukan, yaitu setelah
program dieksekusi arti dari ....
a. Perubah Dinamis
(Dinamic variable)
b. Perubah Statis
c. Perubah logika
d. Perubah detail
7. Digunakan sebagai
penunjuk ke suatu alamat memori adalah ...
a. Pointer
b. Linked List
c. Stack
d. Queue
8. Salah satu Struktur
Data Dinamis yang paling sederhana adalah .....
a. Pointer
b. Linked List (Senari
Berantai)
c. Stack
d. Queue
9. Linked List disebut
juga dengan senari satu arah atau ...
a. One-way list
b. two list
c. one on one
d. three in one
Struktur Data (Pertemuan 5)
1.Operasi Stack yang digunakan untuk memeriksa apakah stack sudah penuh, adalah …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
2. Menambah satu (increment) nilai TOP of STACK setiap ada penambahan elemen stack selama stack masih belum penuh, merupakan langkah awal pada
operasi STACK yaitu …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTYe. ISFULL
3. Jika pada stack terdapat kondisi TOP of STACK = MAX_STACK – 1 maka stack berada dalam keadaan …
a. ISEMPTY
b. CLEAR
c. TOP
d. RETREIVE
e. FULL
4. Pada saat awal, Top of Stack selalu bernilai :
a. Top = 0
b. Top = 1
c. Top = -1
d. Top = Max_Stack
e. Top = Max_Stack – 1
5. Diberikan perintah/instruksi pada program C++, yaitu tumpuk.top++; Maksud dari perintah/instruksi tersebut
adalah ….
a. Top = Top + 1
b. Top = Top – 1
c. Top = 0
d. Top = – 1
e. Top = 1
6.Operasi Stack yang digunakan untuk memeriksa apakah stack kosong adalah …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
1.Operasi Stack yang digunakan untuk memeriksa apakah stack sudah penuh, adalah …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
2. Menambah satu (increment) nilai TOP of STACK setiap ada penambahan elemen stack selama stack masih belum penuh, merupakan langkah awal pada
operasi STACK yaitu …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTYe. ISFULL
3. Jika pada stack terdapat kondisi TOP of STACK = MAX_STACK – 1 maka stack berada dalam keadaan …
a. ISEMPTY
b. CLEAR
c. TOP
d. RETREIVE
e. FULL
4. Pada saat awal, Top of Stack selalu bernilai :
a. Top = 0
b. Top = 1
c. Top = -1
d. Top = Max_Stack
e. Top = Max_Stack – 1
5. Diberikan perintah/instruksi pada program C++, yaitu tumpuk.top++; Maksud dari perintah/instruksi tersebut
adalah ….
a. Top = Top + 1
b. Top = Top – 1
c. Top = 0
d. Top = – 1
e. Top = 1
6.Operasi Stack yang digunakan untuk memeriksa apakah stack kosong adalah …..
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
7. Prinsip Stack
adalah ...
a. Last-In-First-Out (
LIFO )
b. First-In-Last-Out (
FILO )
c. Last-Out-Frist-In (
LOFI )
d. Firts-Out-Last-In (
FOLI )
8. Operasi Stack yang
digunakan untuk menghapus item paling atas (TOP) adalah ...
a. PUSH
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
b. POP
c. CLEAR
d. ISEMPTY
e. ISFULL
9. Dibawah ini adalah
operasi stack kecuali ...
a. CLEAR
b. ISEMPTY
c. ISFULL
b. ISEMPTY
c. ISFULL
d. Create
Latihan Soal II Struktur Data
(Pertemuan 6)
1.Operasi pada Antrian yang digunakan untuk menambahkan item pada posisi paling belakang, adalah …
a. Create
b. Clear
c. Tail
d. Enqueue
e. Dequeue
2.Perintah IsFull pada antrian digunakan untuk :
a. Memeriksa apakah antrian sudah penuh
b. Memeriksa apakah Antrian penuh atau kosong
c. Menambahkan elemen ke dalam Antrian
d. Menghapus elemen dari dalam Antrian
e. Memeriksa apakah antrian sudah kosong
3.Yang tidak termasuk dalam operasi antrian, adalah …
a. Clear
b. Enqueue
c. IsFull
d. Push
e. Dequeue
4. Menghapus elemen dari antrian dilakukan dari posisi :
a. Tengah / Middle
b. Depan / Head
c. Bawah / bottom
d. Belakang / Tail
e. Atas / Top
5. Maksud dari perintah program antrian.head=antrian.tail = -1; adalah untuk ……
a. Menambah elemen antrian
b Mengecek kondisi antrian kosong atau tidak
c. Mengecek kondisi antrian penuh atau tidak
d. Membentuk atau menghapus semua elemen antrian
e. Menghapus elemen antrian
6.Operasi pada Antrian yang digunakan untuk menghapus item dari posisi paling depan, adalah …
a. Create
b. Clear
c. Tail
d. Enqueue
e. Dequeue
(Pertemuan 6)
1.Operasi pada Antrian yang digunakan untuk menambahkan item pada posisi paling belakang, adalah …
a. Create
b. Clear
c. Tail
d. Enqueue
e. Dequeue
2.Perintah IsFull pada antrian digunakan untuk :
a. Memeriksa apakah antrian sudah penuh
b. Memeriksa apakah Antrian penuh atau kosong
c. Menambahkan elemen ke dalam Antrian
d. Menghapus elemen dari dalam Antrian
e. Memeriksa apakah antrian sudah kosong
3.Yang tidak termasuk dalam operasi antrian, adalah …
a. Clear
b. Enqueue
c. IsFull
d. Push
e. Dequeue
4. Menghapus elemen dari antrian dilakukan dari posisi :
a. Tengah / Middle
b. Depan / Head
c. Bawah / bottom
d. Belakang / Tail
e. Atas / Top
5. Maksud dari perintah program antrian.head=antrian.tail = -1; adalah untuk ……
a. Menambah elemen antrian
b Mengecek kondisi antrian kosong atau tidak
c. Mengecek kondisi antrian penuh atau tidak
d. Membentuk atau menghapus semua elemen antrian
e. Menghapus elemen antrian
6.Operasi pada Antrian yang digunakan untuk menghapus item dari posisi paling depan, adalah …
a. Create
b. Clear
c. Tail
d. Enqueue
e. Dequeue
7. suatu
bentuk khusus dari List Linier dengan operasi pemasukan data hanya
diperbolehkan pada salah satu sisi adalah ....
a. Struktur Data
Antrean (Queue)
b. Stack
c. Linked List
d. Struktur Data
8. Prinsip Antrean
adalah ...
a. FIFO (First In
First Out) dan FCFS (First Come First Serve)
b. home away
c. Knock out
d. extreme
9. Maksud dari
perintah program antrian.tail == -1 , adalah ....
a. Untuk memeriksa
apakah Antrian penuh atau kosong
b. Menambah elemen
antrian
c. Menghapus elemen antrian
d. Mengecek kondisi antrian penuh atau tidak
c. Menghapus elemen antrian
d. Mengecek kondisi antrian penuh atau tidak
10.
Maksud dari perintah program antrian.tail == Max-1, adalah ...
a. Untuk memeriksa
apakah Antrian penuh atau kosong
b. Menambah elemen
antrian
c. Menghapus elemen antrian
d. Untuk mengecek apakah Antrian sudah penuh atau belum
c. Menghapus elemen antrian
d. Untuk mengecek apakah Antrian sudah penuh atau belum
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete