Performa mesin dapat dilihat dari besarnya nilai Power (tenaga) dan Torque (torsi). Pada setiap uji test Dyno Chart mobil selalu ditampilkan nilai Power dan Torque pada grafik diatas.
Torque (torsi), adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan/memindahkan mobil/motor dari kondisi diam hingga berjalan. Torsi berkaitan dengan akselerasi. Pada saat kita merasakan tubuh kita terhempas ke belakang saat berakselerasi, menunjukkan besarnya angka torsi pada mesin tersebut.
Power, adalah kemampuan untuk seberapa cepat kendaraan itu mencapai suatu kecepatan tertentu. Pada grafik di atas disebutkan mobil dapat mencapai kecepatan 0-60km/jam hanya dalam waktu 3,10 detik & 0-100km/jam dalam waktu 9,06 detik.
Dari sisi rumus fisika Newton:
HP = torsi (lb-ft) * RPM / 5252 yg artinya pada RPM 5252 HP dan torsi nilainya akan sama. Analoginya mungkin begini. Misalnya aja kita ditendang, pantatnya oleh Hercules, nah mungkin kita bisa mental 1m, kalo berat badan kita 70kg berarti tendangan si Hercules nilainya adalah 70kg-m. sekarang bayangin Hercules bisa nendang kita 100 kali dalam waktu 1 menit, nah itu adalah horsepower, jadi intinya Horsepower = Torque over time, seberapa besar torsi yg bisa dihasilkan dalam periode waktu tertentu.
Fungsi Stabilizer bar
Cara Kerja Stabilizer Bar
ECU = Electronic Control Unit adalah merupakan “otak” dari sebuah mesin. pada sebuah kendaraan ECU ini bertugas me-manage mesin secara keseluruhan, baik itu mengatur pasokan bahan bakar dan udara kemudian pengapian Dll.
Fungsi ECU untuk:
- Menentukan lama penyemprotan bahan bakar.
- Mengontrol saat pengapian yang tepat.
- Mempertahan tenaga tetap besar pada RPM rendah, agar tidak terjadi detonasi.
- Untuk mobil matic, ECU ikut mengontrol kecepatan.
Kelas banget broo, sangat membantu
ReplyDeleteitu setingannya untuk race apa.?? di setingan drivetrain kok berbeda
ReplyDeleteCoba baja judulnya mas, itu bukan buat setting race. Klo masalah setting pahamin dulu post yg di atas. Thks
DeleteTerima kasih ��
ReplyDeleteMantep bang sangat membantu. Jadi tau fungsi" nya ga asal penuh"in aja. Good
ReplyDeleteBagus bang mksi mobil lebih cpet 5,6 dtk dati sebelumya
ReplyDeleteSangat membantu, terima kasih bro
ReplyDeleteMantab, postingannya berkelas...👍
ReplyDeleteCara memutar kamera saat di shop gimana kalo di PC?
ReplyDeleteElu punya mouse? Kan ad scrollnya, di pejet aja trus lu geser geser
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletesiip corolla gw 0-60 2.64 detik :v
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemantap om, udah berkali kali maenya tp baru sekarang lebih tau ke fungsi nya secara detail,
ReplyDeleteTOP MARKOTOP 👊
Gan kok di dyno test gw gk ada setingan gear ratio yaa , tlong bntu dong
ReplyDeletebacaannya bukan gear ration, tapi drivetrain
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteGaris merah itu di penuhin apa gk min
ReplyDeletebisa dipenuhin tp tergantung kebutuhan
DeleteYg depan biar bisa keangkat pas mode drag race gimana min?
ReplyDeleteSetting Gear ratio, sama ECU
DeleteKalo tipe saya pas saat star balapan. Saya mainin hidrolik gan. Kan gaya hidrolik di nfsU2
DeleteTu ada 2 tipe.
Tipe1 menahan.
Tipe2 mantul2.
Disaat star hitungan mundur 3 2 1 itu saya klik hidrolik tipe 1 atau menahan sambil .
Tegas mundur.terlihat mobil bagian belakang ngangkat dan menahan.
Nah disaat 0,1detik sebelum kata GO* muncul
Tekanlah gaya hidrolik tipe 2 yg mantul2 itu sambil di NOS.
Dan lihat begitu angkatan pertama tarikan, mobilmu ngangkat tinggi bagian depan, bahkan akan terbang ataupun terbalik karna ketambahan tekanan NOS.
Nb: gaya ngangkat sprti torreto ini tidak berlaku untuk mobil yg perputaran rodanya depan.
Kan ada tuh mobil tipe FR,RR,4x4.
Semacam nisan 350z dan ada lagi yg lainnya. Jadi tipe mobil sprti itu kalo di angkatin depannya malah ketinggalan akselerasi sama mobil yg lain.
Nah saya ada tips nih untuk yg blm tahu jika balapan selalu menang atau bisa jadi anda akan menjadi yg selalu menang di racing NFSu2.
Race yg mendukung tips saya adalah CIRCUIT,SPRINT,DRAG,LEAGUE.
TIPS 1=
saat hitungan mundur di star tekan hidrolik tipe 1 sama gas mundur. Nanti terlihat mobilmu akan ngangkat yg blkg, tunggu saat kata GO* muncul. Dan lihat...mobilmu tarikannya lebih responsif atau enteng.
TIPS 2:
Ini untuk race drag.Usahakan saat balapan posisikan mobilmu selalu di belakang mobil musuhmu,intinya kondisi sprti ini mobilmu akan dapat NOS tambahan Karna tekanan mobil didepan(semakin lama diblkg mobil musuh semakin banyak pula tambahan NOS masuk ke mobilmu. Stlh dirasa NOS cukup untuk terbang ke garis finish ,,oke bantinglah setir kekanan atau ke kiri dan lihat NOS yg tdi terkumpul berhasil masuk ke mobilmu.
Tips ini juga berlaku untuk ngetes seberapa top speed yg dipunyai mobilmu.
Saya pernah mencapai top speed 380-395km/h di drag track kedua dari yg terahkir(track drag terpanjang di NFSu2). Dgn tips itu.
(Semua setingan di dino sangat mempengarui di lintasan balap,
termasuk untuk ngetes top speed mobilmu setinglah gear ke hijau kiri mentok dan setingan tekanan ban setinglah ke kanan mentok atau dikurangi 1 - 2 .
Setingan ACCU buatlah
kotak pertama di isi 2-3Tingkat. Kotak kedua jg sama 2-5tingkat.
Pokoknya bisa dirasakan saat balapan. Tenaga yg kurang ada di posisi mana.
Untuk setingan TURBO
sebenrnya hampir sama dgn ACCU tapi peranan TURBO disini untuk penyeimbangkan setingan ACCU.
Untuk setingan NOS. Pasti udah pada tahu. Untuk ngejar jarak balapan pendek setinglah NOS mundur 1 - 2 titik(tapi usahakan setingan ini agan udah tahu cara ngisi NOS tambahan. Baca lagi cara di atas).
Tapi untuk ngetes top speed setingan NOS standarkan saja atau maju 1 - 2 titik atau 3 - 4 titik kalo track nya panjang.
TIPS 3:
ini tips buat race model circuit,sprint, dan free . Kenapa?!.. karna di race itu mobil2 kota juga bermanfaat.
Terutama saat kita kehabisan NOS.
Saat mobilmu melaju kencang usahakan agan nyari target mobil kota yg sedang melintas,
Dan jejerkan di kecepatan tinggi mobilmu. Lihat NOSmu nambah.
Tapi jangan di serempet ya mobil kotanya.
ntar ga jadi dapat NOS deh.
Blm lagi nyenggol dikit malah nabrak sari depan. Dan mobilmu akan terbalik. Terus kesalip deh sama musuh2mu.
Untung game NFSu2 kalo nabrak mobilnya hanya pecah kaca. Gak penyok bodi.
Ini juga bisa pake tips 2 diatas.
Untuk seting mobil tinggal masuk ke dino nanti ada jenis untuk tipe apa kita menyeting mobil. Buat circuit/sprint,drag,drift,dll...
Atu Atu kata untuk game NFSu2
EXCELLENT*****
.nice gan, sharing lg dong ilmunya setting performance untuk game ini...
ReplyDelete.btw buat yg versi pc sama ya settingnya...
Pada akhir tahun 2018 saya berharap semuanya menjadi lebih sukses di tahun yang akan datang yaitu tahun 2019. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas konten bagus ini. Saya permisi melakukan sedikit promosi ya bos.
ReplyDeleteklikqq
laga99
situs judi online
berita viral
bandarq online
judi online
cara menang judi
iphone xs max
Salam terhangat dan terdalam dari saya. Terima Kasih
Masuk pak naufal. Meskipun saya juga sudah faham dan tahu cara setting di dino nfsU2 tapi versi pc. Saya ikut bangga karna postingan ini sangat menarik buat saya. Ternyata saya juga punya teman yg ngerti dan tahu cara main dan setting mobilnya di dino nfsU2. Cuma 1 mas yg sya kepingin ngerti cara agar dua komputer bisa LAN. Padahal setingan ip address dan submask sudah tepat. Tapi pas dua komputer sudah didalam game dan masuk LAN kedetect. Tetapi saat masuk lobby katanya masalah adapter. Bagaimana ya. Trimakasih. Maaf topik terahkir sya siluar dyno. Hwhehe. Salam satu aspal ..... Di dunia race.
ReplyDeleteFacebook:rahul specialis vocal
Makasih atas informasinya dan ilmunya
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya
ReplyDeleteIni sangat membantu
wah, thanks bngt nih atas informasinya. Saya dari dulu pingin cari informasi ini. Top Markotop
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBenar2 kelas artikelnya bang, ala2 Engginer Ferrari...
ReplyDeletesilahkan bosku mampir ke blog kami, seputar otomotif roda dua terimakasih www.gautozone.blogspot.com/
Bang mau nanya apakah settingan ps2 ini bisa dipakai di versi PC/laptop?
ReplyDelete